Minggu, 12 Oktober 2014

Mahaguru Pribadi

oleh : MTA



Demi alasan kesehatan, seseorang menelpon saya untuk mengajarinya yoga secara private.

“Ternyata belajar lewat buku dan CD punya keterbatasannya sendiri”, ujarnya ketika kelas pertamanya dimulai.

Siapapun tahu itu logis. Dalam ranah apapun, idealnya kita membutuhkan mentor atau guru. Adalah sesuatu yang sangat istimewa dan sangat mewah, jika guru itu bersifat pribadi atau khusus. Seorang guru akan mengajarkan dan menurunkan ‘kesaktiannya’ –pengalaman, pengetahuan, berbagai tip dan trik- kepada muridnya. Dan inilah yang akan membuat si murid berkembang nyaris sama hebatnya dengan sang guru.

“Kalian tidak akan ditinggalkan seperti yatim-piatu di dunia ini”, Yesus Kristus berjanji kepada kita, murid-muridNya. “Aku akan mengirimkan Penolong yang lain yang akan membimbing, mengajar dan menuntun kalian ke dalam seluruh kebenaran”.

Semua orang kristen tahu, Roh Kudus adalah pribadi yang dimaksud oleh Yesus. Jika Yesus Kristus adalah Firman yang nuzul (keluar) dari diri Allah, lalu menjadi daging (manusia), maka Roh Kudus, adalah Roh yang keluar dari diri Allah, Bapa, Sang Khalik.

Orang percaya telah dikaruniai Roh Kudus. Itu juga berarti seluruh keterbatasan kita saat ini, baik kemiskinan, latar belakang keluarga yang kurang menguntungkan, cacat tubuh dan sebagainya hanyalah PR (Pekerjaan Rumah) yang harus kita selesaikan, dibawah tuntunan, bimbingan dan arahan Sang Mahaguru, Roh Kudus.

Jelas Roh Kudus tidak  hanya bertindak sebagai “Guru Agama Pribadi” namun “Guru Kehidupan Pribadi” yang akan menuntun kita secara pribadi dalam jalan-jalan kebenaran Allah, hingga sampai ke Surga.



Jika demikian, betapa luar biasanya hidup sebagai Kristen. Diselamatkan oleh Allah, lewat pengorbanan Yesus Kristus, kemudian memiliki Mahaguru kehidupan pribadi, bernama Roh Kudus yang akan memimpin kehidupan kita di dunia. Jika demikian, tentunya tidak ada alasan jika kita masih menghadapi kehidupan ini sebagai seorang pesimis yang hanya sekedar bertahan hidup, tanpa mengerjakan karya Allah dalam kehidupan kita (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar